Pages

Wednesday, September 12, 2012

Cara Root Samsung Galaxy Mini 2 a.k a Jena

Sehubungan request yang sering diajukan oleh pengunjung blog Android Gratis khususnya yang sering nongkrong di Facebook mereka menanyakan cara mudah root Samsung Galaxy Mini 2 atau lebih sering dikenal dengan sebutan Jena. Sepengetahuan saya ada dua seri yang disematkan pada Galaxy Mini 2 ini yaitu GT-S6500 dan GT-S650D, apa bedanya antara kedua seri tersebut? salah satu perbedaannya adalah GT-6500 buatan Eropa dan memiliki NFC sedangkan GT-6500D buatan Asia dan tidak memiliki NFC. Perbedaan lainnya bisa search sendiri di Google. Kembali ketopik, melalui tutorial Android ini saya akan coba berbagi info mengenai cara root Samsung Galaxy Mini 2. Untuk cara root Samsung Android lainnya, rekan-rekan bisa lihat seperti cara root Samsung Galaxy Mini atau cara root Samsung Galaxy Young.

Secara keseluruhan ada dua step yang harus kita kerjakan supaya rooting ini sukses di Galaxy Mini 2 kita, yaitu install ClockWorkMod (CWM) Recovery dulu, setelah itu barulah root melalui CWM yang sebelumnya telah kita install. Sebelum memulai ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan yaitu :

  • Kabel USB Galaxy Mini 2, kabel ini ada saat pembelian ponsel tersebut, bila tidak ada terpaksa beli dulu.
  • Karena ketika install ClockWorkMod Recovery menggunakan aplikasi Odin, otomatis anda harus mempersiapkan komputer/laptop.
  • Jangan lupa anda harus menginstall software Kies, kegunaan software ini akan mendeteksi saat Galmin 2 Jena anda dicolokkan ke komputer/laptop, kalau sebelumnya sudah menginstall, dilewat aja. Bagi yang tidak memiliki Kies silahkan download dulu disitus resminya Samsung disini (cek bagian support bagian kanan bawah ada link Samsung Kies 2.0).
  • Bahan lain yang harus anda siapkan yaitu ClockWorkMod 5.0.2.8 silahkan sedot disini atau disini, aplikasi Odin bisa anda dapatkan disini atau disini, dan tentu saja file zip rootnya ada dua pilihan coba yang ini dulu bila tidak berhasil test yang ini.

Cara install ClockWorkMod Recovery (CWM) Samsung Galaxy Mini 2

  1. Matikan dulu handset anda, kemudian hidupkan kembali dengan cara menekan kombinasi tombol Volume Down+Home+Power tujuannya masuk ke download mode.
  2. Hubungkan Galaxy Mini 2 anda kekomputer tentu saja dengan menggunakan bantuan kabel USB.
  3. Lalu jalankan Odin3 v1.85, pastikan handset anda terbaca, cirinya bisa dilihat seperti gambar dibawah ini (no. 1), kemudian klik tombol PDA, browse dan cari file clockworkmod-jena.5.2.0.8.tar.md5 yang tadi didownload (no. 2 dan 3), lalu aktifkan ceklis pada option Auto Reboot dan F.Reset Time (no. 4), terakhir barulah tekan tombol START (no. 5).
  4. Cara Root Samsung Galaxy Mini 2 a.k a Jena
  5. Tunggu hingga proses instalasi berakhir, bila sukses tandanya seperti gambar dibawah ini, setelah handset anda akan restart, silahkan cabut dari komputer/laptop dan ketika hidup sekarang Galaxy Mini 2 anda sudah terinstall CWM Recovery.
  6. Cara Root Samsung Galaxy Mini 2 a.k a Jena

Cara Root Samsung Galaxy Mini 2 a.k.a Jena

  1. Setelah berhasil mengikuti langkah diatas, kita lanjutkan proses rootingnya, matikan kembali ponsel anda, lalu hidupkan dengan menekan bersamaan tombol Volume up+Volume down+Home+Power tujuannya untuk masuk ke recovery mode.
  2. Bila anda mau menggunakan Superuser-3.2-RC2-arm-signed.zip (tidak perlu diekstrak) lalu simpan di SDcard letak diluar folder saja, maka cukup flash di CWM saja tanpa perlu bantuan komputer/laptop, caranya pilih 'install zip from sdcard>Choose zip fromsdcard', arahkan pada Superuser-3.2-RC2-arm-signed.zip, tunggu hingga proses selesai dan reboot.
  3. Namun apabila anda menggunakan RootMe.zip (ekstrak terlebih dahulu) maka anda membutuhkan komputer/laptop, caranya setelah masuk ke recovery mode, hubungkan Galaxy Mini 2 ke komputer/laptop menggunakan kabel USB kemudian jalankan file runme.bat, setelah berhasil terakhir pilih reboot via CWM (paling atas).
  4. Cara paling mudah untuk mengetahui root kita berhasil atau tidaknya bisa dengan melihat icon baru bernama superuser.

Tambahan bagi yang sudah sukses dilarang untuk install official Samsung updates karena akan mengakibatkan bootloop sebab official updates hanya untuk stock rom saja selain itu pada saat install diatas ketika menemukan gambar segitiga kuning waktu booting diabaikan saja.

You are reading this article and you can find this article on http://android-allfree.blogspot.com/2012/09/cara-root-samsung-galaxy-mini-2-ak-jena.html, You may spread Expand or copy-paste it if this article is very beneficial to your friends, but do not forget to put a Link as the Source.

No comments:

Post a Comment