Pages

Thursday, September 6, 2012

Cara Flashing, Upgrade atau Update Firmware Samsung Galaxy Mini

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh rekan-rekan sesama penghobi sistem Android baik di blog Android Gratis ini ataupun melalui Facebook seperti "saya sudah custom ROM nih ingin dibalikan kebentuk semula bagaimana caranya?", "Aduh HH ane bootloop nih padahal udah coba trik yang lain tapi tetap saja bandel, biar oke gimana caranya gan?", "Ingin custom ROM tapi setelah ikuti tutorialnya ko tidak berhasil yah, padahal handset-nya sudah sesuai! ada solusi gak?" atau "biar Andro ane lebih stabil gimana caranya gan?" dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang sebetulnya permasalahan tersebut bisa kita selesaikan dengan tiga perlakuan dasar bagi yang suka oprek Android yaitu FLASHING, UPGRADE dan UPDATE.

Oleh karena itu melalui artikel singkat ini, saya akan coba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Intinya bila anda menemukan device anda bermasalah, misalnya bootloop dan anda sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengutak-atiknya namun tetap tidak berhasil, silahkan flash ulang. Anda sudah mengikuti tutorial custom ROM namun tidak berhasil bisa jadi versi Android anda tidak kompatibel, tutorialnya dicantumkan untuk versi 2.3.6, ternyata Android anda masih 2.3.4 maka sebelumnya anda harus upgrade dulu baru custom ROM. Sedangkan Update firmware lebih mengarah kepada pembaharuan firmware terbaru yang lebih stabil. Flashing berkaitan erat dengan upgrade atau update firmware, dan ketiga-tiganya bisa anda kerjakan sekaligus. Anda flashing dengan tujuan upgrade dan menggunakan update firmware terbaru.

Bagaimana cara Flashing, Upgrade atau Update Firmware Android? sebagai contoh kali ini saya akan share cara flashing, upgrade dan update Samsung Galaxy Mini (GT-S5570). Bagaimana dengan Samsung Android lainnya, atau gadget dari vendor lain, caranya tidak jauh berbeda. Saya yakin ketika anda bisa menerapkan tiga perlakuan dasar ini pada satu device maka anda juga bisa mempraktekannya pada gadget-gadget Android lainnya, learning by doing!.

Persiapan Sebelum Flashing, Upgrade atau Update Firmware Samsung Galaxy Mini

Sebelum memulai langkah-langkah flashing, upgrade dan update, pastikan anda sudah mempersiapkan bahan-bahan yang nantinya kita butuhkan nantinya, ingat seluruh bahan ini harus benar-benar anda miliki.

  • Siapkan kabel data USB Samsung Galaxy Mini, kabel ini satu kemasan dan ada dalam kotak saat anda membeli ponsel Galmin tersebut, bila tidak punya silahkan beli dulu.
  • Nantinya ada software pendukung yang harus diinstall di komputer, oleh karena itu anda juga harus mempersiapkan komputer/PC/laptop.
  • Pastikan sebelumnya anda sudah menginstall Kies di komputer/PC/laptop, sehingga nantinya Galaxy Mini anda bisa terbaca oleh komputer/laptop tersebut. Software Kies ini bisa anda dapatkan dalam CD saat anda membeli ponsel, bila tidak ada silahkan download terlebih dahulu.
  • Anda juga harus memiliki software Odin Multi Downloader, file TASS_v1.0.ops dan tentu saja firmware terbaru Samsung Galaxy Mini.
  • Untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut saya hanya menggunakan satu situs bernama sammobile.com karena hampir seluruh firmware ponsel Samsung lengkap disana, bila anda berminat anda harus registrasi dulu. Setelah berhasil registrasi silahkan log in, lalu masuk kategori FIRMWARE, pilih FIRMWARE AND FILES, nah bagian ini yang paling saya suka kita tinggal memasukan TYPE (pilih smartphone), OS (tentu saja pilih Android), MODEL (pilih GT-S5570-GALAXY MINI), COUNTRY (sebelumnya situs ini menampilkan region saja misal europa, asia dll, nah sekarang menggantinya dengan nama negara) kalau sudah tinggal klik button SEND. Dengan sendirinya situs ini memberikan link download firmware terbaru (silahkan download disini) dan tidak itu saja sebab dilengkapi dengan link download tambahan (additional files) yang nantinya akan kita butuhkan seperti Kies Samsung Galaxy Mini (Samsung USB Driver, silahkan download : disini atau unduh resmi disini), Odin Multi Downloader dan TASS_v1.0.ops (silahkan download disini atau disini). Ekstrak terlebih dahulu zipnya, apabila minta password : samfirmware.com, setelah semua bahan tadi diekstrak gabungkan dalam satu folder.

Cara Flashing, Upgrade atau Update Firmware Samsung Galaxy Mini

Setelah anda mempersiapkan seluruh bahan-bahan diatas, mari kita lanjutkan ketahap selanjutnya yaitu langkah flashing, upgrade dan update. Pastikan baterai dalam Samsung Galaxy Mini anda dalam kondisi full.

  1. Matikan ponsel anda harus sampai benar-benar off cirinya layar berwarna hitam bukan abu-abu.
  2. Hidupkan kembali dengan cara menekan tombol Volume Down, Home, dan Power secara bersamaan, tahan ketiga kombinasi tombol tersebut dengan tujuan masuk ke download mode hingga muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :
  3. Hubungkan ponsel anda ke komputer/laptop melalui kabel USB dan jalankan aplikasi Odin Multi Downloader, yakinkan HH anda terbaca, cirinya seperti gambar dibawah ini, bila tidak terdeteksi pastikan sebelumnya kies sudah anda install atau bisa jadi pemasangan kabel USB kurang pas, atau bisa juga kabel USB rusak, namun ternyata masih juga tidak terdeteksi coba restart dulu komputer/laptopnya. Tidak jadi masalah apabila option COM PORT MAPPING terbaca bukan (COM8) yang penting indikator terdeteksi berwarna kuning.
  4. Klik tombol OPS dan cari file TASS_v1.0.ops lalu Open.
  5. Setelah itu ceklis terlebih dahulu option ONE PACKAGE (lihat nomor 1) kemudian klik tombol ONE PACKAGE yang terletak sebelah kanan bawah (lihat nomor 2) arahkan pada folder tempat penyimpanan firmware tadi, lalu pilih S5570DXKPD_S5570OLBKPD_S5570DXKPD_HOME.tar.md5, lalu open, klik tombol Start.
  6. Cara Flashing, Upgrade atau Update Firmware Samsung Galaxy Mini
  7. Tunggu hingga proses instalasi selesai, biasanya memakan waktu 4-6 menit, bila berhasil cirinya muncul tulisan PASS berwarna biru.
  8. Tutup aplikasi Odin Multi Downloader lalu cabut kabel USB Samsung Galaxy Mini dari komputer/laptop.
  9. Silahkan hidupkan ponsel anda kembali, sekarang Galaxy Mini anda sudah terupdate dengan firmware yang lebih tinggi. 

Sebagian kasus menemukan ketika dihidupkan terjadi bootloop atau restart terus, maka solusinya sebagai berikut :

  • Matikan dulu lalu hidupkan dengan menekan tombol Power dan Home secara bersamaan dengan tujuan masuk kerecovery mode.
  • Pilih wipe data/factory reset, lalu pilih wipe cache partition.
  • Terakhir pilih reboot system now.

You are reading this article and you can find this article on http://android-allfree.blogspot.com/2012/09/cara-flashing-upgrade-atau-update_6.html, You may spread Expand or copy-paste it if this article is very beneficial to your friends, but do not forget to put a Link as the Source.

No comments:

Post a Comment