Pages

Friday, August 3, 2012

Update Samsung Galaxy Nexus dari Ice Cream Sandwich (ICS) 4.0 Ke Jelly Bean 4.1

Sehubungan dengan pertanyaan dari salah seorang pengunjung blog Android Gratis mengenai cara update Samsung Galaxy Nexus dari sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) ke OS terbaru yaitu 4.1 Jelly Bean. Oleh karena itu melalui tutorial Android ini saya akan berbagi cara update Samsung Galaxy Nexus Jelly Bean, seperti apakah langkah-langkahnya? Namun sebelumnya bagi yang belum mengetahui apa keunggulan Jelly Bean tersebut alangkah baiknya untuk melihat-lihat dulu uraian saya mengenai sistem operasi mobile karya Google ini. 

Update Samsung Galaxy Nexus dari Ice Cream Sandwich (ICS) 4.0 Ke Jelly Bean 4.1
Jelly Bean pertama kali diperkenalkan oleh Google pada tanggal 27 Juni 2012 dikonferensi Google I/O 2012, San Fransisco, Amerika Serikat. Bila ICS memiliki kode 4.0 maka untuk Jelly Bean kodenya 4.1, salah satu gadget yang sudah menerapkan OS ini adalah Google Nexus 7. Kelebihan Jelly Bean 4.1 :

  • Grafik dan transisi yang mulus menjadi kelebihan Jelly Bean. Respon sentuhan cepat dan pergantian aplikasi juga lebih mulus.
  • Dilengkapi aplikasi Google Now, aplikasi yang mengetahui tempat dan waktu Anda berada. Informasi itu akan digunakan Google untuk memberikan hasil pencarian yang bersesuaian dengan lokasi Anda. Fitur ini baru akan ada di Amerika Serikat.
  • Dilengkapi dengan notifikasi "Actionable". Artinya setiap notifikasi seperti email masuk atau missed call akan langsung digunakan untuk menelpon balik atau membalas email.
  • Ukuran widget bisa menyesuaikan diri dengan layar ponsel.Jelly Bean punya Gallery baru untuk menampilkan dan mengedit foto, sehingga pengguna bisa melihat dan menghapus foto denan mudah, demikian juga untuk mengedit foto.
  • Keyboard-nya kini lebih pintar dengan aplikasi autocorrect lebih cerdas, kosa kata lebih kaya yang bisa memprediksi kata lebih baik ketimbang Android sebelumnya.
  • Mempunyai aplikasi Voice Dictation Offline, yang bisa berfungsi tanpa jaringan online.
  • Sangat ramah pada pengguna tuna netra karena dilengkapi dengan fitur Braille dan koneksi USB dan Bluetooth
  • Ponsel yang dilengkapi dengan fitur NFC dan Jelly Bean akan mempunyai fungsin Android Beam yang bisa digunakan untuk berbagi kontak, video, dan lain-lainnya hanya dalam hitungan detik.
  • Pencarian suara yang lebih cerdas karena bisa berbicara kembali kepada penggunanya ketika memberikan jawaban yang pintar.
  • Aplikasi Google Now akan memunculkan dokumen yang sesuai dengan lokasi Anda berada. Misalnya Anda sedang berada di bandara maka ponsel Anda akan secara otomatis memunculkan boarding pass Anda.

Bagaimanakah cara update Samsung Galaxy Nexus dari ICS ke Jelly Bean? silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Sangat direkomendasikan untuk mem-backup Galaxy Nexus anda terlebih dahulu, kemudian pastikan juga daya baterai anda jangan kurang dari 60% dan pastinya ponsel anda sudah diroot.
  2. Aktifkan USB Debugging, caranya ada dipengaturan ponsel anda 'setting > Applications > Development > USB Debugging'.
  3. Download Jelly Bean 4.1 untuk Galaxy Nexus anda disini atau bisa langsung disini, hasil download jb-takju.zip tadi simpan di sd card anda, letak diluar folder saja.
  4. Masuk ke recovery mode dengan cara menekan volume up + volume down + power secara bersamaan.
  5. Setelah masuk ke Recover mode lalu pilih install zip from sd card dan choose zip from sd card, lalu pilih jb-takju.zip yaitu update Jelly Bean 4.1, tunggu proses instalasi.
  6. Reboot, selamat karena sekarang Samsung Galaxy Nexus anda sudah naik pangkat dari ICS menjadi Jelly Bean.

You are reading this article and you can find this article on http://android-allfree.blogspot.com/2012/08/update-samsung-galaxy-nexus-dari-ice.html, You may spread Expand or copy-paste it if this article is very beneficial to your friends, but do not forget to put a Link as the Source.

No comments:

Post a Comment